Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Sungkem hingga Digendong Jokowi

    Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Sungkem hingga Digendong Jokowi
    Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, Melanjutkan Rangkaian Prosesi Pernikahannya Dengan Erina Gudono hari ini. Kaesang Menjalani Prosesi Siraman di Kediaman, Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

    SURAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, melanjutkan rangkaian prosesi pernikahannya dengan Erina Gudono hari ini. Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat 9 Desember 2022. 

    Prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

    Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

    Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo, Surakarta. 

    Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Prof. Mahfud Md., Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

    Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

    Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini. 


    Redaktur         : JIS Agung 
    Kontributor     : Tim Media

    surakarta jateng prosesi siraman kaesang presiden jokowi
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    Cara Kompolnas Tingkatkan Kinerja Polda...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    PT Vale Kirim Bantuan Alat Berat Buka Akses Masyarakat Yang Sempat Terisolir Pasca Bencana Longsor di Luwu
    DPRD Buol Ikuti Studi Tiru Fasilitasi Pengawasan Prodak Hukum di Jawa Tengah
    Masyarakat Respon Positif Proyek Pemecah Ombak di Kolono, Pj Bupati Morowali: Tugas Pemerintah Melayani
    Jangan Ditiru, Seorang Perempuan di Onepute Tikam Ibunya Hingga Tewas Kini Pelaku Diamankan Polres Morowali

    Ikuti Kami