Ustad Das'ad Latif: Wanita yang Dirindukan Surga

    AGAMA - Ustadz Dr. H. Das’ad Latif, S.Sos., S.Ag., M.Si., Ph.D (lahir 21 Desember 1973) merupakan seorang ulama, akademikus, dan dosen ilmu komunikasi berkebangsaan Indonesia yang aktif mengajar di Universitas Hasanuddin.

    Das'ad pernah maju sebagai calon wakil wali kota mendampingi Tamsil Linrung dalam pemilihan umum Wali Kota Makassar 2013. Mereka diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Bintang Reformasi. Pasangan ini berada di peringkat ketiga dengan perolehan 93.868 suara.

    Pendidikan

    Das’ad Latif mengenyam pendidikan di SD Negeri Inpres 169 Pinrang (1980–1986), SMP Negeri Bungi, Pinrang (1986–1989) dan SMA Negeri 4 Ujungpandang (1989–1992). Semasa SMP dan SMA ia ikut menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah di sekolahnya.

    Das'ad menyelesaikan studi pendidikan Sarjana di dua kampus bersamaan, yaitu Institut Agama Islam Negeri Alauddin Makassar pada bidang Peradilan Islam dengan gelar Sarjana Agama (2000) dan di Universitas Hasanuddin pada bidang Ilmu Komunikasi dengan gelar Sarjana Sosial (1998). Ia terlibat menjadi pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (1994–1996), Ketua Remaja Masjid Jami’ul Ikhsan Perumnas (1996–1999), Pengurus Badan Kontak Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan (2000–2005) Imam Masjid Hikmah Makassar (2000–2002), dan Ketua I Kesatuan Pelajar Mahasiswa Pinrang (2000–2003).

    Kemudian Das'ad melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Hasanuddin dalam bidang Komunikasi dengan gelar Magister Sains (2004). Ia menjadi Pengurus Forum Mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin (2000–2002) dan Pengurus Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah Sulawesi Selatan (2006). Lalu ia meraih gelar Doktor dalam Ilmu Komunikasi (Ph.D) dari Universitas Kebangsaan Malaysia (2016) dan gelar Doktor untuk kedua kalinya di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dalam bidang Ilmu Syariah (2018). Disertasi terakhirnya berjudul "Membangun Kerukunan Umat Beragama dalam Bingkai Maqasid Syariah".

    Akademisi

    Selain berceramah, Das'ad Latif dikenal sebagai dosen yang mengajar di beberapa kampus seperti dosen pegawai negeri sipil Universitas Hasanuddin sejak 1 April 2006, [9][10][11] STIKOM FAJAR Makassar, STIE AMKOP Makassar, Universitas Islam Makassar, STIM NITRO Fajar Makassar, Universitas Indonesia Timur Makassar dalam bidang ilmu komunikasi.

    Metode Ceramah

    Ustadz Das'ad Latif dikenal dengan gaya ceramahnya yang ringan dan santai dengan menyelipkan pesan-pesan Islam dalam bentuk kisah yang lucu sehingga semua kalangan mudah menerimanya.

    ustad das'ad latif
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Ustadz Adi Hidayat: Orang-Orang yang Dikabulkan...

    Artikel Berikutnya

    Kemenag dan Lembaga Mitra Bahas Dana Hibah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Panglima TNI Beri Hadiah Umrah Bagi 19 Prajurit dan PNS Korem 132/Tdl Yang Rutin Sholat Subuh di Mesjid 
    Ketua PWI Pusat Buka Pra UKW Diikuti Peserta 3 Propinsi Termasuk 2 Jurnalis Asal Morowali
    Pj Bupati Morowali dan PLN Palu Bahas Rencanakan Penambahan Mesin Atasi Masalah Pemadaman
    Kinerja Pj Bupati Morowali Dinilai Sudah Maksimal Penuhi Kebutuhan Masyarakat Termasuk Urusan Listrik 
    Momen Bersejarah, Jenderal TNI Agus Subiyanto: Saya Bangga Bisa Kembali ke Korem 132/Tdl

    Ikuti Kami