Roberth Rouw Harapkan Angkutan Barang dan Orang Melalui Udara Bisa Tingkatkan Ekonomi Papua

    Roberth Rouw Harapkan Angkutan Barang dan Orang Melalui Udara Bisa Tingkatkan Ekonomi Papua
    Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw

    PAPUA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mengatakan melalui kunjungan kerja ke Provinsi Papua, dapat dimanfaatkan Anggota Dewan untuk memastikan proses pelaksanaan angkutan orang dan barang melalui udara di wilayah Papua berlangsung dengan baik dan dapat mempercepat bergeraknya sektor ekonomi dan sektor lainnya, yang akan berdampak terhadap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Papua.

     

    Hal tersebut disampaikan Roberth saat mengawali pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI dengan jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan, perwakilaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), manajemen Angkasa Pura I, BMKG, BNPP, LPPNPI (AirNav) serta kepala bandara se-Papua, di Jayapura, Papua, Selasa (12/7/2022).

     

    “Amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, disebutkan bahwa penerbangan diselenggarakan dengan tujuan memperlancar arus perpindahan orang dan barang melalui udara dengan mengutamakan dan melindungi angkutan udara, dalam rangka memperlancar kegiatan perekonomian nasional, ” kata legislator daerah pemilihan (dapil) Papua tersebut.

     

    Roberth menjelaskan dalam rangka memperlancar kegiatan perekonomian nasional, aspek pengawasan perlu menjadi perhatian agar tetap menjaga pemenuhan kebutuhan alokasi standar pelayanan untuk menjalankan fungsi pengawasan, pengendalian dan pengaturan Ditjen Hubud terhadap aspek keselamatan dan keamanan penerbangan di Direktorat Teknis dan Kantor Otoritas Bandar Udara serta Angkasa Pura I.

     

    Politisi Partai NasDem itu juga menyampaikan aspek pengawasan lain yang harus diperhatikan. Salah satunya dampak kenaikan harga tiket pesawat terhadap kenaikan harga pada sektor-sektor ekonomi lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dan pertumbuhan angkutan udara di Papua. Selain itu pihaknya juga menyoroti landasan (runway) Bandara Sentani, Jayapura.

     

    “Kondisi runway pada lapangan terbang Sentani yang membutuhkan perpanjangan pada ujung runway yang perlu menjadi perhatian serius karena berpotensi kecelakaan pada saat mendaratnya pesawat. Serta bagaimana dengan perkembangan bandara-bandara di Provinsi Papua dalam menunjang perekonomian daerah perkotaan dan pedesaan, ” pungkas Roberth. (afr/sf)

    komisi v papua nasdem roberth rouw dpr ri
    Publiksulteng.com

    Publiksulteng.com

    Artikel Sebelumnya

    JAM-Pidum Setujui 3 Pengajuan Restorative...

    Artikel Berikutnya

    Novita Wijayanti Apresiasi Progres Pembangunan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    PT Vale Kirim Bantuan Alat Berat Buka Akses Masyarakat Yang Sempat Terisolir Pasca Bencana Longsor di Luwu
    DPRD Buol Ikuti Studi Tiru Fasilitasi Pengawasan Prodak Hukum di Jawa Tengah
    Masyarakat Respon Positif Proyek Pemecah Ombak di Kolono, Pj Bupati Morowali: Tugas Pemerintah Melayani
    Jangan Ditiru, Seorang Perempuan di Onepute Tikam Ibunya Hingga Tewas Kini Pelaku Diamankan Polres Morowali

    Ikuti Kami