Pimpin Sidang ACDFM Ke-20, Panglima TNI Tegaskan Hal ini

    Pimpin Sidang ACDFM Ke-20, Panglima TNI Tegaskan Hal ini
    Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono Memimpin Jalannya Sindang ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20, Bertempat di Candi Ballroom, Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua Bali.

    BALI - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memimpin jalannya sidang ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20, bertempat di Candi Ballroom, Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua Bali, Rabu (7/6/2023). 

    Mengawali sambutannya, Panglima TNI menyampaikan pihaknya sejalan dengan keketuaan ASEAN pada Indonesia di tahun 2023 yang mengangkat tema "ASEAN Matters: Epicentrum of growth" maka keketuaan TNI pada ACDFM ke-20 yang berada pada pilar keamanan mengangkat tema "Peace Prosperity and Security".

    Menurutnya, makna dari peace, prosperity and security dari segi keamanan adalah bahwa Indonesia senantiasa memprioritaskan kawasan yang aman, damai dan stabil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa-bangsa Asia Tenggara. 

    "Untuk mewujudkannya, Indonesia memerlukan dukungan melalui kerjasama dengan negara-negara anggota, dengan tetap berpegang pada sentralitas ASEAN di kawasan, " ujarnya.

    Panglima TNI juga mengatakan salah satu bentuk kerjasamanya adalah mempromosikan "ASEAN Outlook on the Indo-Pacific" yaitu cara pandang tentang kawasan Indo-Pasifik yang terbuka, bebas, dan inklusif.

    "Hal ini membutuhkan komitmen serta kontribusi ASEAN dalam mempertahankan perdamaian kawasan di mana ACDFM menjadi pusat dari kerjasama militer yang dibentuk di ASEAN, " katanya.

    Beberapa kesepakatan yang diambil pada pertemuan ACDFM ke-20, diantaranya adalah mendukung perluasan kerjasama ASEAN khususnya kerjasama pertahanan dengan mitra dialog ASEAN, yang telah berkontribusi besar dalam menciptakan perdamaian dan kemakmuran dunia. 

    Dipenghujung pelaksanaan sidang, dilaksanakan serah terima keketuaan atau Chairmanship ACDFM tahun 2024 kepada Panglima Angkatan Bersenjata Laos. 

    Sama halnya dukungan yang diberikan oleh para Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN kepada TNI. Panglima TNI akan senantiasa memberikan dukungan penuh bagi keketuaan selanjutnya yaitu Sidang ke-21 ACDFM di Laos, " tutup Laksamana Yudo.

    Editor      : JIS Agung 

    Sumber   : Puspen TNI

    bali panglima tni sidang acdfm ke-20
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    UMB dan UTHM Jalin Kerjasama Internasional...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    PT Vale Kirim Bantuan Alat Berat Buka Akses Masyarakat Yang Sempat Terisolir Pasca Bencana Longsor di Luwu
    DPRD Buol Ikuti Studi Tiru Fasilitasi Pengawasan Prodak Hukum di Jawa Tengah
    Masyarakat Respon Positif Proyek Pemecah Ombak di Kolono, Pj Bupati Morowali: Tugas Pemerintah Melayani
    Jangan Ditiru, Seorang Perempuan di Onepute Tikam Ibunya Hingga Tewas Kini Pelaku Diamankan Polres Morowali

    Ikuti Kami