Perkuat Sinyal Komunikasi Pengawalan G20, Div TIK Polri Siagakan Repeater Mobile Di Titik Blank Spot

    Perkuat Sinyal Komunikasi Pengawalan G20, Div TIK Polri Siagakan Repeater Mobile Di Titik Blank Spot

    BALI - Divisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Div TIK) Polri menyiagakan mobil Repeater Mobile di titik-titik lokasi blank spot jaringan komunikasi radio (HT). Hal ini berguna membantu personil dilapangan yang sedang melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan rombongan KTT G20.

    Salah satu lokasi yang diperkuat oleh repeater mobile berada di wilayah sekitar hotel The Apurva Kempinski, Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Badung, Bali. Pasalnya, lokasi jalan yang dilalui oleh rombongan KTT G20 berkelok dan berbukit sehingga membuat komunikasi terganggu.

    "Setelah disurvei kendaraan tersebut disimpan dilokasi ini untuk memperluas jangkauan radio komunikasi, titik-titik yang blank spot tadi dicover dengan kendaraan mobile repeater sehingga pengawalan tidak putus komunikasinya, " kata perwira pengendali mobile repeater AKP Arie Wibisono di lokasi, Minggu (13/11/2022).

    Sebelumnya, Arie dibantu dengan tujuh anggota lainnya telah melakukan survei tempat yang dianggap kurang baik penerimaan sinyal radio. Sebelum di tempatkan mobil repeater trunking, jangkauan komunikasi masih ada penerimaan sinyal radio yang kurang baik terutama seputaran hotel mulia lantaran terganggu titik blank spot. Namun setelah dipasang perangkat tersebut, sinyal bisa diperkuat sampai 5 kilometer. "Jadi setelah kita pasang, jangkauan komunikasi bisa sampai 5 kilometer, kita pastikan tidak ada komunikasi yang terputus di jalur lokasi seputaran hotel mulia, hilton, kempinsky, ritz carlton dan samabe, " kata Ari.    

    Untuk memastikan tidak ada layanan komunikasi yang terganggu, ia bersama empat anggotanya juga bersiaga 1X24 jam selama. Bilamana ada kendala seperti mati listrik, maka langsung menyalakan genset yang berada di kabin belakang.

    Ia menambahkan mobil Div TIK Polri ini memiliki perangkat site trunking yang dapat terhubung dengan site trunking Polda Bali, Sehingga dapat memberikan backup komunikasi dalam pelaksanaan pengamanan. (*)

    bali
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Tantangan Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    LBH Masyarakat Minangkabau Hadir di Kota Padang untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin 
    Saiful Chaniago: Ekonomi Sebagai Pilar Kebangkitan Nasional Indonesia Emas
    Rapat Koordinasi Puslatda PON Sulteng Perkuat Komitmen Sulteng Emas
    Leadership Komunikasi, Danrem 132/Tdl Penuh Bangga dalam Apel Komandan Satuan di Kodam XIII/MDK
    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak

    Ikuti Kami