Marciano: Hubungan KONI Sumbar dengan Pemangku Kebijakan Terkait Harus Dijalin Lebih Baik Demi Atlet

    PADANG - Dalam mewujudkan prestasi atlet, organisasi olahraga tidak dapat bekerja sendiri, butuh dukungan beberapa pihak, terutama pemerintah. Oleh karenanya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang bertugas membina atlet hingga meraih juara perlu menjalin hubungan yang baik dengan seluruh pemangku kebijakan. 

    Hal tersebut menjadi pesan utama yang disampaikan oleh Ketua Umum (KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman kepada Ketum KONI Sumatera Barat Ir.Ronny Pahlawan dan jajarannya yang baru saja dikukuhkan serta dilantik pada hari Jumat 23 Juni 2023 di Lantai 12 Kantor KONI Pusat.

    Pelantikan KONI Sumbar dilaksanakan karena dinamika organisasi yang mengharuskan menggelar Musorprov dengan Ronny Pahlawan sebagai hasilnya. Menjalin hubungan baik dengan pemerintah daerah diperlukan guna mendapatkan dukungan untuk atlet-atlet Sumbar yang akan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

    “Rangkaian perjalanan menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut sudah dimulai, babak kualifikasi sudah berjalan. Di Sumatera Barat sendiri, di Kota Sawahlunto akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Pacu Kuda (babak kualifikasi), KONI Provinsi Sumatera Barat harus berlari dalam mempersiapkan para atlet menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut, ” tutup Ketum KONI Pusat. KONI Sumbar harus mempersiapkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk berbagai kompetisi dan juga babak kualifikasi.

    “Kita harapkan di bawah kepengurusan Bapak Ronny Pahlawan beserta jajaran pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, prestasi atlet-atlet Sumatera Barat pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini tidak kalah dari keikutsertaannya pada PON XX/2021 Papua, ” jelas Marciano optimistis dengan komposisi pengurus yang banyak praktisi serta akademisi. 

    Pada PON XX/2021 Papua, Sumbar berada di urutan ke-15 dengan 8 emas, 12 perak dan 18 perunggu. Adapun Sumbar memiliki atlet yang memperkuat Timnas Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja. Totalnya ada 3 atlet asal Sumatera Barat yang memperkuat kontingen Indonesia pada SEA Games Kamboja. Satu atlet, Randa Riandesta peraih medali emas gulat dan dua lainnya adalah Muhammad Afis yang memperkuat tim kriket serta Dzaki Fathullurahman dari cabor Kun Bokator. 

    Ketum KONI Sumatera Barat Ir. Rony Pahlawan menjelaskan bahwa dengan dilantiknya beliau beserta jajaran, dapat membawa angin segar bagi masyarakat olahraga Sumatera Barat. Banyak yang harus dipersiapkan KONI Sumbar, mulai babak kualifikasi yang mana diantaranya menjadi tuan rumah, persiapan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera dan juga Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang juga diselenggarakan tahun ini. “Kami akan bekerja keras, berlari kencang karena waktu kami sudah sangat pendek, ” tegas Ronny. (***)

    marciano koni
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Anies Baswedan Laksanakan Ibadah Haji dengan...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    LBH Masyarakat Minangkabau Hadir di Kota Padang untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin 
    Saiful Chaniago: Ekonomi Sebagai Pilar Kebangkitan Nasional Indonesia Emas
    Rapat Koordinasi Puslatda PON Sulteng Perkuat Komitmen Sulteng Emas
    Leadership Komunikasi, Danrem 132/Tdl Penuh Bangga dalam Apel Komandan Satuan di Kodam XIII/MDK
    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak

    Ikuti Kami