Jadi Irup Hari Juang TNI AD, Kasad : Rakyat Ibu Kandung Prajurit dan Ruhnya Adalah Pengabdian

    Jadi Irup Hari Juang TNI AD, Kasad : Rakyat Ibu Kandung Prajurit dan Ruhnya Adalah Pengabdian

    JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Juang TNI AD di Mabesad, Jakarta (Kamis, 15/12/2022) mengatakan, bahwa tema “TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat” yang diusung Hari Juang TNI AD ke 77 merupakan representasi visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan NKRI sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

    “Tema ini juga jadi pengingat bahwa ibu kandung Prajurit TNI Angkatan Darat adalah rakyat, sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara, ” kata Kasad dalam amanatnya.

    Diungkapkan Kasad, peristiwa heroik Palagan Ambarawa yang kemudian diperingati sebagai hari Juang TNI AD, merupakan salah satu bukti dahsyatnya kekuatan yang terbangun dari kebersamaan TNI dengan rakyat dalam menjaga serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

    “Nilai-nilai kejuangan yang terkandung di dalam Palagan Ambarawa tetap relevan untuk kita warisi dan implementasikan dalam menghadapi tugas di era modern dengan karakter perubahan dan ketidakpastian yang sangat dinamis di berbagai bidang, ” ucapnya.

    Lebih lanjut dikatakannya, dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan bagi bangsa Indonesia saat ini, TNI AD telah mengambil peranan untuk membantu serta menjadi solusi kesulitan yang dihadapi masyarakat melalui program ketahanan pangan, manunggal air, Babinsa Masuk Dapur serta penanganan stunting, kesehatan, dan bencana alam.

    “Program ini harus terus dilaksanakan dengan serius dan tulus ikhlas untuk membantu pemerintah menghadapi potensi ancaman terhadap kehidupan sosial masyarakat, ” ujar Kasad.

    Diakhir amanatnya, Kasad menekankan kepada seluruh Prajurit dan satuan jajaran TNI AD untuk proaktif melakukan tindakan-tindakan yang berdampak bagi kesejahteraan rakyat dan dirasakan manfaatnya, sehingga muaranya mampu menumbuhkan kecintaan rakyat kepada TNI AD.

    “Saya mengajak seluruh Prajurit TNI Angkatan Darat untuk terus melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat. Muaranya adalah TNI Angkatan Darat di hati rakyat, ” tutup Kasad.

    Usia upacara tersebut, dilaksanakan syukuran sederhana serta dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kasad didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman, yang diserahkan Kasad kepada Sertu Adrian Mitra Perwira, S., Tr.T yang merupakan lulusan terbaik Poltekad tahun 2022 dan juara I karya tulis ilmiah tingkat nasional. (Dispenad/Hendi)

    Suhendi

    Suhendi

    Artikel Sebelumnya

    TNI AD Launching Kartika Podcast, Jenderal...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    PT Vale Kirim Bantuan Alat Berat Buka Akses Masyarakat Yang Sempat Terisolir Pasca Bencana Longsor di Luwu
    DPRD Buol Ikuti Studi Tiru Fasilitasi Pengawasan Prodak Hukum di Jawa Tengah
    Masyarakat Respon Positif Proyek Pemecah Ombak di Kolono, Pj Bupati Morowali: Tugas Pemerintah Melayani
    Jangan Ditiru, Seorang Perempuan di Onepute Tikam Ibunya Hingga Tewas Kini Pelaku Diamankan Polres Morowali

    Ikuti Kami