Dialog dengan Warga Lintas Etnis, Puan Pesan Jaga Singkawang Kota Paling Toleran

    Dialog dengan Warga Lintas Etnis, Puan Pesan Jaga Singkawang Kota Paling Toleran
    Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani

    SINGKAWANG - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengapresiasi masyarakat beserta pemerintah daerah setempat mampu menjaga Kota Singkawang, Kalimantan Barat, sebagai daerah yang mampu menjaga tolerasi antar umat beragam sekaligus suku dan etnis. Menerapkan nilai Bhinneka Tunggal Ika secara nyata dalam kehidupan masyarakat, ia menilai wajar jika Kota Singkawang dianugerahi sebagai kota paling toleran se-Indonesia dalam Indeks Kota Toleran tahun 2021.   

    Lebih lanjut, Politisi F-PDIP itu bertolak ke Singkawang untuk berdialog dengan warga dari lintas etnis setempat. Selain itu, didampingi oleh Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, ia turut menandatangani prasasti di Vihara yang juga dikenal dengan nama Vihara Thai Pak Kung itu.  

     "Hari ini kita yang berkumpul di sini sangat beragam. Ada masyarakat Dayak, ada masyarakat Tionghoa, ada masyarakat Melayu. Ini benar-benar Bhineka. Masyarakat Singkawang benar-benar Bhinneka Tunggal Ika. Saya (sudah) 20 tahunan muterin Indonesia, salah satu kota yang sangat berwarna dan toleransi berjalan itu ya Singkawang. Jangan sampai terpecah belah ya, kita semua ini orang Indonesia apapun suku kita, " ungkap Puan dalam keterangan tertulisnya kepada Media, Senin (20/3/2023).   

    Kedatangan Puan disambut oleh atraksi Barongsai dari Komunitas Asoka di pintu gerbang Vihara Tri Dharma Bumiraya. Sebanyak 3.000 warga yang berasal dari etnis Dayak, Tionghoa, dan Melayu datang mengikuti dialog bersama dirinya. Mereka datang tidak hanya dari Kota Singkawang saja, melainkan juga dari Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.   Puan pun berpesan, toleransi yang indah di Singkawang harus tetap dijaga. Apalagi, sebutnya, masyarakat Singkawang perlu memperkuat toleransi jelang menghadapi Pemilu 2024.

    “Sebagai Ketua DPR RI, saya berharap toleransi dan kerukunan yang ada di Singkawang ini agar terus menguat, terus berlanjut kemesraan di Singkawang, jangan sampai kemesraan di Singkawang berlalu, ” imbuh Perempuan Pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.   

    Tidak hanya itu, Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini menyatakan Kota Singkawang bisa menjadi sumber inspirasi bagi daerah lain dalam merawat toleransi. Di sisi lain, dirinya akan terus memperhatikan persoalan isu kemiskinan di kawasan kumuh di Singkawang, termasuk kawasan masyarakat Sambas dan Bengkayang yang berbatasan dengan Malaysia.   

    Puan juga menegaskan DPR RI akan terus mendorong Pemerintah untuk mempercepat pembangunan daerah-daerah terdepan seperti di Kalimantan.

    “Apalagi Ibu Kota Negara Nusantara sudah mulai pembangunannya di Kalimantan. Jadi sudah seharusnya daerah-daerah perbatasan di Kalimantan turut dipercepat kemajuannya, ” tutup Cucu Proklamator Bung Karno itu. (ts/rdn)

    puan maharani dpr ri kalbar singkawang sambas pdip tri dharma bumiraya bengkayang
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Tony Rosyid: Siapa Lawan Anies Baswedan...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    PT Vale Kirim Bantuan Alat Berat Buka Akses Masyarakat Yang Sempat Terisolir Pasca Bencana Longsor di Luwu
    DPRD Buol Ikuti Studi Tiru Fasilitasi Pengawasan Prodak Hukum di Jawa Tengah
    Masyarakat Respon Positif Proyek Pemecah Ombak di Kolono, Pj Bupati Morowali: Tugas Pemerintah Melayani
    Jangan Ditiru, Seorang Perempuan di Onepute Tikam Ibunya Hingga Tewas Kini Pelaku Diamankan Polres Morowali

    Ikuti Kami